Belajar Melody Gitar

Senin, 15 November 2010.
Dalam permainan gitar kita mengenal variasi -variasi permainan, salah satunya adalah Melody. Melody sendiri mempunyai arti yaitu susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur ) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Memang sulit mempermainkan Melody, di butuhkan keterampilan khusus untuk mempelajarinya. Disini saya akan berbagi Tips  untuk Belajar melody untuk para pemula.

Adapun yang harus kita perhatikan :

Kecepatan tangan. Ini sangat berpengaruh dan bermaanfaat sekali bagi kita untuk mencapai tingakt bermain melody yang standard. Kita bisa mengunakan senam jari (fangering) untuk melatih kecepatan tangan. Lakukan latihan ini berulang-ulang kali sampai anda merasakan mampu melakukan hal ini dengan kecepatan yang standard yang mana latihan ini dapat memberikan warning up pada saat kita sedang akan melakukan latihan atau untuk pertunjukan /show. Semakin anda sering latihan maka semakin mahir anda memainkan atau melakukan melody.

Pelajari Tab Guitar. Karena dengan mempelajari ini kita akan memahami nada dasar pada sebuah lagu, mengetahui pergerakan chord lagu, dan dapat mengembangkan improvisasi pada sebuah lagu.

kita ambil salah satu contoh tangga nada C mayor (C-D-E-F-G-A-B).

- Posisi I dinamakan dengan IONIAN ( C - D - E - F - G - A - B - C' ) Mayor skala
- Posisi II dinamakan dengan DORIAN ( D - E - F - G - A - B - C - D' ) Minor skala
- Posisi III dinamkan dengan PHRYGIAN ( E - F - G - A - B - C - D - E' ) Minor skala
- Posisi IV dinamakan dengan LYDIAN ( F - G - A - B - C - D - E - F' ) Mayor skala
- Posisi V dinamakan dng MIXOLYDIAN ( G - A - B - C - D - E - F - G' ) Dominant skala
- Posisi VI dinamakan dengan AEOLIAN ( A - B - C - D - E - F - G - A' ) Minor skala
- Posisi VII dinamakan dengan LOCRIAN ( B - C - D - E - F - G - A - B' ) Half diminished skala







Belajar Tab Gitar. Dengan belajar ini kita bisa menguasai teknik gitar seperti pull on, Hammer on, Harmonik dll. Tab Gitar bisa membantu kita jika kita kesulitan untuk mencari melody sebuah lagu.

Sharing. Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik khususnya gitar, dan minta tolong kepada dia (kursus gitar) supaya mau mengajarkannya kepada anda.

Kuasai Picking Sweeping.Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. 

Improvisasi.Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat. Kita bisa berkiblat pada Yngwie malmsteen atau Joy Satriani.

Percaya diri. Tumbuhkan rasa percaya diri anda. Ini dapat membantu anda dalam bermelody saat anda tampil/show.






Comentários:

Posting Komentar

 
◄SYMPHONY► © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |